Sabtu, 20 Agustus 2011

Kejang Otot

Apa yang dimaksud dengan kejang otot?

Sebuah kejang otot atau kram merupakan kontraksi otot yang disengaja. Kejang otot terjadi tiba-tiba, biasanya menyelesaikan dengan cepat, dan sering menyakitkan.

Sebuah kejang otot berbeda dari otot kedutan. Sebuah kedutan otot atau fasciculation adalah gerakan halus yang tidak terkontrol dari segmen kecil dari sebuah otot yang lebih besar yang dapat dilihat di bawah kulit.

Otot adalah struktur kompleks yang menyebabkan gerakan dalam tubuh. Ada tiga jenis otot dalam tubuh:

    * Otot jantung yang memompa darah (otot jantung),


    * Otot rangka yang bergerak bagian tubuh eksternal,


    * Dan otot polos yang bergerak bagian-bagian dari struktur berongga di dalam tubuh, seperti perut dan usus.

Otot rangka yang berlabuh ke tulang, baik secara langsung atau dengan tendon. Ketika kontrak otot, bergerak struktur terkait. Hal ini memungkinkan lengan untuk mengangkat, kaki untuk berjalan, dan wajah untuk tersenyum. Sebagian besar otot-otot ini berada di bawah kendali sengaja atau sadar otak. Jenis otot lurik atau bergaris-garis berwarna gelap dengan serat otot yang mengandung sejumlah besar mioglobin, protein yang membantu membawa oksigen dan cahaya berwarna serat yang memiliki jumlah lebih rendah dari protein. Kontraksi otot rangka memerlukan banyak langkah dalam sel dan serat yang memerlukan oksigen, elektrolit, dan glukosa, yang dipasok oleh aliran darah.

Otot polos terletak di dinding struktur internal berongga dalam tubuh, seperti arteri, usus, kandung kemih, dan iris mata. Mereka cenderung lingkaran struktur dan ketika mereka kontrak, struktur berongga diperas. Otot-otot ini tanpa sengaja dan dikendalikan oleh bagian bawah sadar otak kita menggunakan fungsi sistem saraf otonom. Sistem saraf otonom dapat berjalan di latar belakang, mengatur proses tubuh secara otomatis untuk kita. Ada keseimbangan antara sistem simpatis (saraf adrenergik) yang mempercepat dan sistem parasimpatis (kolinergik saraf) bahwa hal-hal melambat. Nama-nama ini didasarkan pada jenis bahan kimia yang digunakan untuk mengirimkan sinyal pada ujung saraf. Adrenalin (dari sistem saraf simpatik) memungkinkan tubuh untuk merespon stres. Bayangkan melihat beruang di hutan; jantung Anda berdetak lebih cepat, telapak tangan Anda mendapatkan berkeringat, mata anda membesar, rambut Anda berdiri di ujung dan buang air besar. Asetilkolin adalah bahan kimia yang anti-adrenalin dan terlibat dalam sistem saraf parasimpatik. Otot polos memiliki mekanisme kontraksi dasar yang sama seperti otot rangka, meskipun protein yang berbeda yang terlibat.



Apa yang menyebabkan kejang otot?

Ada berbagai penyebab kejang otot, dan menyebabkan masing-masing tergantung pada faktor-faktor predisposisi tertentu dan daerah anatomi keterlibatan.

Kejang dapat terjadi ketika otot digunakan secara berlebihan dan lelah, terutama jika kewalahan atau jika telah diadakan di posisi yang sama untuk jangka waktu lama. Akibatnya, sel otot kehabisan energi dan cairan dan menjadi hyperexcitable dan kemudian mengembangkan kontraksi kuat. Kejang ini mungkin melibatkan bagian dari otot, otot keseluruhan, atau bahkan otot-otot yang berdekatan.

Berlebihan sebagai penyebab kejang otot rangka sering terlihat pada atlet yang melakukan latihan berat dalam lingkungan yang panas. Ini juga merupakan masalah kerja dengan pekerja konstruksi. Biasanya, akan terjadi kejang pada otot besar yang sedang diminta untuk melakukan pekerjaan.

Kram  disebabkan oleh penggunaan jangka panjang dari otot-otot kecil di tangan.

Hal ini biasanya berpikir bahwa dehidrasi dan deplesi elektrolit akan menyebabkan kejang otot dan kram. Sel-sel otot membutuhkan air yang cukup, glukosa, natrium, kalium, kalsium, dan magnesium untuk memungkinkan protein dalam diri mereka untuk berinteraksi dan mengembangkan kontraksi terorganisir. Pasokan normal elemen ini dapat menyebabkan otot menjadi mudah marah dan menjadi kejang.

Aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah (penyakit arteri perifer) juga dapat menyebabkan kejang otot dan kram, lagi karena suplai darah dan nutrisi yang memadai tidak dapat dikirimkan ke otot sesuai.

Kejang kaki yang sering terlihat berhubungan dengan olahraga, tetapi kram juga dapat dilihat pada malam hari melibatkan betis dan otot kaki. Kram kaki di malam hari dan gelisah sindrom kaki dianggap jenis gangguan tidur.

Penyakit sistemik seperti diabetes, anemia (rendahnya jumlah sel darah merah), penyakit ginjal dan tiroid dan masalah hormon lain juga potensi penyebab kejang otot.

Penyakit pada sistem saraf, seperti multiple sclerosis atau cedera tulang belakang, dapat dikaitkan dengan kejang otot.

Otot polos juga dapat mengembangkan kejang. Ketika struktur berongga diisi dengan udara atau cairan diperas oleh kejang otot, nyeri yang signifikan dapat terjadi karena cairan atau udara tidak dapat dikompresi. Misalnya, otot polos pada dinding usus dapat menjadi kejang, menyebabkan gelombang rasa sakit yang disebut kolik. Nyeri kolik yang cenderung berirama (datang dan pergi) juga dapat terjadi dalam saluran empedu yang mengosongkan kantong empedu dan dapat berkembang setelah makan. Haruskah batu ginjal berusaha untuk lulus, otot-otot halus yang berada di dinding kejang ureter mungkin dan menyebabkan nyeri yang signifikan. Seringkali jenis ini nyeri dapat berhubungan dengan mual dan muntah. Nyeri kolik sering dikaitkan dengan diare, di mana otot-otot dalam dinding usus besar menjadi kejang sebelum gerakan usus berair.

Distonia adalah gangguan gerak di mana kelompok otot paksa kontrak menyebabkan gerakan berputar dan berulang atau ketidakmampuan untuk memiliki postur tubuh yang normal sebagai akibat dari kejang otot dan kram. Gejala-gejala dapat sangat ringan pada awalnya, tetapi secara bertahap kemajuan untuk menjadi lebih sering dan agresif. Kadang-kadang, ada perkembangan ada. Contoh dari jenis kejang otot termasuk tortikolis (di mana otot leher kejang dan menyebabkan kepala untuk berpaling ke satu sisi), blefarospasme (mana ada yang tidak terkontrol berkedip mata), dan distonia laring yang mempengaruhi otot-otot yang mengontrol bicara. Distonia mungkin disebabkan oleh bahan kimia neurotransmiter yang berfungsi abnormal di bagian otak yang disebut ganglia basal. Bahan kimia ini (serotonin, dopamin, asetilkolin, dan GABA) yang diperlukan untuk benar mengirim pesan yang mulai kontraksi otot. Gejala distonia dapat terjadi sebagai komplikasi dari stroke.


Apa saja gejala dan tanda-tanda kejang otot?

Gejala kejang otot tergantung pada otot yang terlibat dan keadaan yang mengarah ke kejang.

Kejang otot rangka biasanya melibatkan otot-otot yang sedang diminta untuk melakukan pekerjaan yang berlebihan. Ada onset akut rasa sakit sebagai kontrak otot. Sebuah otot menggelembung dapat dilihat atau dirasakan di bawah kulit dimana otot berada. Paling sering, kejang menyelesaikan secara spontan setelah beberapa detik meskipun mungkin menit terakhir banyak atau lebih. Biasanya, pasien akan merasa perlu untuk meregangkan otot yang terlibat, sehingga mengurangi kejang dan menyelesaikan episode.

Sebuah fasciculation otot atau kejang bisa berlangsung hanya beberapa detik atau mungkin peristiwa berulang. Biasanya, itu hanya kontraksi berulang sesaat hanya beberapa serat otot di daerah lokal dilayani oleh satu serat saraf biasanya melibatkan mata, betis, atau jempol. Mereka sering datang dan pergi dan mungkin berkaitan dengan stres atau kecemasan. Menelan stimulan seperti kafein dan pseudoefedrin ditemukan di over-the-counter obat dingin juga dapat menyebabkan kedutan itu. Obat seperti albuterol (Ventolin, Proventil, AccuNeb, VoSpire, ProAir) digunakan untuk pengobatan asma dan obat yang digunakan untuk mengobati gangguan perhatian defisit dapat dikaitkan dengan berkedut. Ini kedutan dianggap fasciculation jinak.

Namun, otot berkedut juga dapat dikaitkan dengan gangguan neurologis seperti distrofi otot, amyotrophic lateral sclerosis, dan miopati (penyakit otot primer). Dengan diagnosa, gejala yang berhubungan termasuk kelemahan, otot dengan hilangnya ukuran otot, dan perubahan sensasi.

Kejang otot polos akan menyebabkan nyeri kolik yang datang dan pergi. Gejala-gejala akan tergantung pada organ yang terlibat.


Bagaimana kejang otot didiagnosis?

Kebanyakan orang telah mengalami kejang otot rangka karena kelelahan, terutama di lingkungan yang hangat dan mampu mendiagnosa diri. Namun, jika kejang parah, bertahan lama, dan terus berulang, pasien mungkin hadir untuk profesional perawatan kesehatan untuk evaluasi.

Diagnosis biasanya dimulai dengan sejarah dan pemeriksaan fisik. Hal ini membantu untuk mengetahui keadaan sekitar kejang otot.

    * Kapan mereka mulai? Berapa lama mereka bertahan? Seberapa sering mereka datang? Apakah selalu daerah yang sama yang terlibat?


    * Informasi lain yang bermanfaat termasuk apakah mereka mempunyai penyakit terakhir, setiap obat, baik resep, over-the-counter dan suplemen makanan yang sedang diambil.


    * Riwayat medis masa lalu dapat ditinjau termasuk diabetes, hipotiroidisme, penyakit ginjal, dan cedera sumsum tulang belakang.


    * Bekerja atau olahraga sejarah mungkin penting.

Kadang-kadang pemeriksaan fisik mungkin normal karena kejang otot tidak mungkin terjadi selama kunjungan. Pemeriksaan fisik mungkin bermanfaat dalam menemukan masalah-masalah medis yang mendasari yang mungkin dapat membantu dalam membuat diagnosis. Sebagai contoh, jika pasien mengeluh kejang otot kaki, pemeriksaan dapat meliputi palpasi atau perasaan untuk pulsa di kaki. Aterosklerosis, atau pengerasan arteri, mungkin terkait dengan hilangnya pulsa arteri dalam ekstremitas yang terlibat.

Bagi mereka yang mengalami sakit dari kejang otot polos, rasa sakit dapat cukup parah untuk hadir ke gawat darurat. Sejarah dan pemeriksaan fisik akan diarahkan untuk menemukan sumber rasa sakit, sementara pada saat yang sama mencoba untuk mengontrol gejala. Batu ginjal nyeri (kolik renalis) dan nyeri kandung empedu kadang-kadang memerlukan obat nyeri narkotik dan obat-obatan antinausea untuk bantuan. Beberapa pasien dengan kondisi iritasi usus besar juga dapat hadir dengan kejang usus yang signifikan.

Untuk pasien dengan kejang otot berulang di mana penyebabnya tidak mudah didiagnosis berdasarkan riwayat dan pemeriksaan fisik, tes mungkin diperlukan untuk memberikan arah sebagai penyebab potensial.

Tes darah mungkin termasuk hitung darah lengkap (CBC) mencari untuk anemia, elektrolit (khususnya natrium, kalium, kalsium dan magnesium), glukosa, dan kreatinin (untuk memeriksa fungsi ginjal). Tes fungsi tiroid juga dapat dipertimbangkan.

Jika ada kekhawatiran bahwa kejang adalah karena saraf atau gangguan otot, elektromiografi (EMG) mungkin dilakukan untuk menentukan apakah mungkin ada suatu kelainan dari otot, saraf, atau keduanya.

Jika ada kekhawatiran tentang potensi untuk penyakit arteri perifer, tes aliran darah ke kaki dapat dipertimbangkan, termasuk indeks pergelangan-brakialis (ABI) yang membandingkan tekanan darah di lengan dan kaki dan ultrasound dan angiografi (sering menggunakan CT atau MRI) untuk langsung menilai pembuluh darah.

Pengobatan kejang Otot?

Pencegahan adalah kunci untuk episode kejang otot yang paling rangka. Karena mereka sering dikaitkan dengan dehidrasi dan gangguan elektrolit, penting untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Jika kehilangan cairan karena penyakit dengan demam atau muntah dan diare, mengontrol gejala-gejala akan membantu membatasi hilangnya cairan dan mencegah kejang. Demikian pula, bagi mereka yang bekerja atau latihan di lingkungan panas, minum cukup cairan untuk tetap terhidrasi sangat penting.

Otot juga harus disiapkan untuk kegiatan yang mereka diharapkan untuk melakukan. Sama seperti atlet peregangan dan pemanasan sebelum pertandingan, non-atlet harus melakukan pemanasan sebelum persalinan yang berat, termasuk pekerjaan seperti menyapu, memotong, dan menyekop salju.

Haruskah otot rangka menjadi kejang, pengobatan awal adalah untuk lembut meregangkan otot kembali ke panjang untuk memutus siklus kejang dan menyelesaikan situasi akut.

Perawatan lebih lanjut akan tergantung pada penyebab yang mendasari kejang otot. Untuk otot-otot yang telah rusak atau tegang, obat-obatan mungkin diperlukan untuk bantuan jangka pendek nyeri, termasuk anti-inflamasi (ibuprofen), narkotika, dan relaksan otot.

Pengobatan spasme otot polos juga tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Sering kali, mengontrol rasa sakit akan terjadi bersamaan dengan upaya penyedia layanan untuk membuat diagnosis.

Tidak ada satu pengobatan yang efektif untuk distonia. Obat dapat digunakan untuk mencoba untuk mengembalikan keseimbangan neurotransmitter otak. Keputusan sebagai yang obat untuk digunakan tergantung pada presentasi pasien. Ini dapat mengambil trial and error untuk menemukan obat yang tepat dalam dosis yang tepat untuk mengontrol gejala.

    * Anti-Parkinsonisme obat, seperti trihexyphenidyl HCl (Artane) dan mesylate benztropine (Cogentin) menurunkan kadar asetilkolin.


    Relaksan otot * seperti diazepam (Valium) dan baclofen (Lioresal) mempengaruhi reseptor GABA.


    * Levodopa (Sinemet) dan reserpin (Harmonyl) mempengaruhi tingkat dopamin.


    * Karbamazepin (Tegretol), obat kejang-kontrol, mungkin berguna pada beberapa pasien.


    * Botulinum toksin tipe A (Botox) dapat disuntikkan ke dalam otot khusus untuk melumpuhkan dan meringankan kejang otot. Ini awalnya digunakan untuk blefarospasme tetapi sekarang dapat digunakan di mana otot-otot lain yang terlibat.

Kejang otot Sekilas

    * Kejang dapat mempengaruhi berbagai jenis otot dalam tubuh, menyebabkan banyak gejala yang berbeda dan presentasi.
    * Kejang otot rangka yang paling umum dan sering akibat kelainan dehidrasi dan elektrolit. Kejang terjadi tiba-tiba, sangat menyakitkan, dan biasanya berumur pendek. Ini bisa dikurangi dengan lembut peregangan otot.
    * Jika kejang otot sangat menyakitkan, jika mereka tidak menyelesaikan atau jika mereka kambuh, perawatan medis harus diakses untuk mencari penyebab potensial.
    * Otot halus yang berada dalam dinding organ berongga dalam tubuh dapat menjadi kejang, menyebabkan nyeri yang signifikan. Sering kali rasa sakit ini kolik, artinya datang dan pergi. Contoh termasuk rasa sakit yang terkait dengan diare, nyeri kandung empedu, dan rasa sakit batu ginjal.
    * Suatu bentuk khusus dari kejang otot adalah suatu kelainan dimana distonia mungkin ada dengan bahan kimia yang membantu mengirimkan sinyal dalam otak. Contohnya termasuk tortikolis dan blefarospasme. Perawatan mungkin termasuk obat untuk membantu mengembalikan tingkat neurotransmiter untuk suntikan Botox normal dan untuk melumpuhkan otot yang terkena dan meringankan kejang.

5 komentar: